Tema
[wp-night-mode-button]
Profil Organisasi
Al Irsyad Al Islaiyyah

Sejarah

Al-Irsyad Al-Islamiyyah atau nama lengkapnya Jam’iyat al-Islah wal Irsyad al-Islamiyyah didirikan pada 6 September 1914 (15 Syawwal 1332 H). Tanggal itu mengacu pada pendirian Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyyah pertama di Jakarta yang pengakuan hukumnya baru dikeluarkan oleh pemerintah Kolonial Belanda pada 11 Agustus 1915.

Tokoh sentral pendirinya adalah al-Allamah Syeikh Ahmad Surkati ulama besar Mekkah asal Sudan yang memiliki nama lengkap SYEIKH AHMAD BIN MUHAMMAD ASSOORKATY AL-KHOJROZY AL-ANSHARY.

Al-Irsyad Al-Islamiyyah merupakan organisasi Islam nasional yang mempunyai sifat khusus, yaitu Perhimpunan yang berakidah Islamiyyah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan, pengajaran, dakwah dan sosial. Dan merupakan organisasi mandiri yang sama sekali tidak mempunyai kaitan dengan organisasi politik manapun juga serta tidak mengurusi masalah-masalah politik praktis.

Setelah tiga tahun berdiri Al-Irsyad Al-Islamiyyah mulai membuka sekolah dan cabang-cabangnya diberbagai kota di Pulau Jawa yang cabang pertamanya adalah di kota Tegal (Jawa Tengah) tahun 1917. Disusul kemudian pembukaan cabangnya di kota Pekalongan (1918), Cirebon (1918) Bumiayu (1918), Surabaya (1919) dan kota-kota lainnya. Sedangkan di kota Bogor baru secara resmi dibuka pada tahun 1928.

Sejarah Pembentukan Cabang Pemalang

?????

Butuh bantuan?Chat Admin