Tema

Sabtu 4 Januari 2019

SD Al-Irsyad Rihlah tadabbur Alam 2020

Alhamdulillah, Peserta didik SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang kelas IV Abu Bakar, Umar, dan Hasan  melakukan Rihlah Tadabbur Alam dan Out Bond ke Dinasti Out Bond Serang Purbalingga.

Kata RIHLAH – TADABBUR ALAM diambil dari bahasa arab yang berarti perjalanan. Rihlah ialah perjalanan mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan di dasarkan niat kepada Allah SWT.

Dalam rihlah ini , kita melakukan berbagai macam kegiatan yang dipandu langsung oleh kakak-kakak yang ahli dalam bidangnya. Selain bermain, peserta didik juga diajarkan kekompakan, kecerdasan, ketepatan, keberanian dan percaya diri.

Beberapa manfaat mengikuti dan melakukan Rihlah :
1. Menguatkan rasa solidaritas.
2. Mengukuhkan ukhuwah.
3. Memperbaiki kembali kerenggangan ukhuwah.
4. Membangun kebersamaan/rasa peduli terhadap sesama.

Kegiatan ini dilaksanakan di area hutan pinus dan perkebunan sayuran. Selain kegiatan fisik, peserta didik juga diajarkan untuk lebih mendalami kekuasaan Allah atas ciptaan-Nya yang indah. Senagaimana firman Allah :

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda (ayat) bagi orang yang berakal” (QS. Ali Imran (3): 190).

(Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah diciptakan-Nya langit dan bumi serta berlain-lainnannya bahasa dan warna kulitmu (QS. Ar-Rum (30): 22)

Inilah makna tadabbur alam yang sebenarnya dengan memperhatikan dan memfokuskan benda-benda sekitar. Seraya mengajaknya turut mengamati dan memfokuskan perhatian terhadap benda-benda tersebut dan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya di iringi dengan dzikir, tasbih, tahmid, takbir seraya memuji kepada Allah Azza Wa Jalla.

Share Artikel :
Share on email
Share on twitter
Share on facebook
Share on whatsapp
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Butuh bantuan?Chat Admin