SMP Al-Irsyad Pemalang: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sukses dilaksanakan

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu kegiatan yang terdapat di program kurikulum Merdeka. Pada tanggal 20-24 Oktober 2023, SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan P5. Kegiatan berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh siswa-siswi SMP Al-Irsyad Pemalang.

Kegiatan P5 bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan pemahaman demokrasi dalam lingkungan sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter pelajar yang berpikir kritis, kolaboratif, dan partisipatif.

SMP Al-Irsyad Pemalang mengambil tema “Suara Demokrasi” dan menerapkannya dalam “Hak Suara Pemilihan Ketua Pelajar Al-Irsyad.” Sebelum dimulainya rangkaian kegiatan P5, Bapak/Ibu guru SMP Al-Irsyad Pemalang melakukan rapat agar setiap kegiatannya lebih terkonsep dan berjalan sesuai harapan. Kegiatan P5 dibuka dengan kunjungan ke gedung DPR Kabupaten Pemalang, kunjungan dihadiri oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8. Pelajar dibekali ilmu lebih dalam terkait demokrasi dan penerapannya dalam lingkungan sekolah. “Anak-anak sangat antusias sekali karena kunjungan seperti ini sebetulnya merupakan pertama kalinya bagi mereka,” ungkap Ustadzah Sri, Waka Kesiswaan SMP Al-Irsyad Pemalang.


Kunjungan SMP Al-Irsyad ke Gedung DPR Kabupaten Pemalang.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan panitia kecil yang terdiri dari siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP Al-Irsyad Pemalang. Panitia kecil akan sepenuhnya bertanggung jawab dengan rangkaian kegiatan “Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Pelajar Al-Irsyad.” Panitia kecil juga melakukan penyusunan tata aturan pemilihan.

Ustadzah Sri menjelaskan lebih lanjut terkait panitia kecil, “Kami percaya anak-anak bisa menerapkan ilmu yang diberikan di gedung DPR pada pemilihan hak suara ini. Tanggung jawab memang semua kami serahkan kepada kreatifitas anak, seperti mau seperti apa kampanye dan pelaksanaanya.”

Kegiatan P5 ditutup dengan pemungutan suara oleh seluruh siswa-siswi Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang. Sekolah berharap dengan terlaksananya kegiatan P5, pelajar merasa lebih terlibat dan memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan sekolah. (Salsa)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top