Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
20 April 2024

In House Training Datang Kembali!

Sab, 20 April 2024 Dibaca 31x TK / KB Al-Irsyad

Setelah sukses dilaksanakan pada bulan Februari lalu, In House Training (IHT) kembali diadakan pada tanggal 17-18 April 2024. Menghadirkan kembali Ustadzah Mutmainah, seorang profesional dari Edu Kelola, sebagai narasumber yang mengisi materi serta praktek dalam IHT. Topik yang diambil untuk pelatihan bertajuk “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Observasi Potensi Awal Anak” Pelatihan diikuti oleh Ustadzah KB dan TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang.

Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bentuk implementasi pembelajaran berbasis projek di Kurikulum Merdeka. Program P5 memberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk mengamati dan belajar dari isu-isu yang terjadi di lingkungan sekitar. Tujuan utamanya mencapai profil pelajar yang menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Sosialisasi program P5 di IHT merupakan upaya sekolah menguatkan pemahaman dan pengetahuan tenaga pendidik dalam menerapkan program P5 di TK dan KB Al-Irsyad Pemalang. Bukan hanya materi, peserta pelatihan juga langsung mempraktekan cara menentukan tema dan membangun profil pelajar pancasila dalam menyusun kegiatan P5.

Sebelumnya, KB dan TK Al-Irsyad Pemalang sudah mulai menerapkan P5 dalam kegiatan belajar mengajar. Dari 4 tema yang tersedia, pihak sekolah memilih tema bertajuk “Imajinasiku dan Kreatifitasku” serta “Aku Sayang Bumi” sebagai tema kegiatan P5 di semester ini.

Pentingnya Observasi Potensi Awal Anak

Tingkat kemampuan dan pengetahuan anak usia dini saat pertama kali masuk sekolah berbeda-beda, ada yang sangat aktif dan ada pula yang pemalu. Disinilah pentingnya KB dan TK mulai menerapkan observasi untuk mengamati potensi minat dan bakat anak. Observasi ini dilakukan untuk mengoptimalkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Ustadzah Mutmainah dalam IHT memberikan sosialisasi terkait bagaimana pelaksanaannya, apa saja instrumen yang dinilai, dan praktek kegiatan observasi potensi awal anak. Sosialisasi juga dilanjutkan dengan simulasi kegiatan observasi dengan menggunakan alat-alat pembelajaran yang tersedia di KB Al-Irsyad Pemalang.

Selesai kegiatan In House Training, Ustadzah KB dan TK Al-Irsyad Pemalang mengungkapkan rasa senang bisa memperkuat pengetahuan dan belajar hal baru dari sosialisasi IHT bersama Ustadzah Mutmainah.

Alhamdulillah, semoga ilmu yang diberikan dapat memberikan manfaat untuk tenaga pendidik Al-Irsyad Pemalang. Sampai jumpa di kegiatan In House Training berikutnya! (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar