Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
18 Maret 2024

Ekstrakurikuler TK Al-Irsyad Pemalang: Menggali Minat & Bakat Anak

Sen, 18 Maret 2024 Dibaca 58x TK / KB Al-Irsyad

Potensi bakat seorang anak bisa dikembangkan sejak dini, ada yang berbakat secara akademik maupun non-akademik. Kegiatan Ekstrakurikuler (Eskul) merupakan salah satu bentuk kegiatan di luar kurikulum resmi sekolah yang bertujuan sebagai wadah dalam mengembangkan keterampilan, minat, dan karakter anak.

Sebagai sekolah PAUD unggulan, TK Al-Irsyad memiliki dua ekstrakurikuler­­­­­­­­, Drumben dan Mewarnai, yang masih aktif berjalan hingga saat ini. Drumben untuk TK B rutin dilaksanakan setiap hari kamis sedangkan Mewarnai untuk TK A di hari Rabu. Waktu pelaksanaan eskul masih mengambil jam pembelajaran sekolah. Kegiatan Esktrakurikuler di luar jam sekolah diadakan setiap anak akan mengikuti lomba, tujuannya sebagai latihan intensif persiapan lomba. “Biasanya memang kegiatan Ekstrakurikuler berada di luar jam sekolah tapi kami memilih sebaliknya agar tetap efektif. Hal ini supaya tidak merepotkan orang tua yang rumahnya jauh dan juga tidak mengambil waktu istirahat anak,” tutur Ustadzah Umi, Kepala Sekolah TK Al-Irsyad Pemalang.

Mengenal Lebih Dekat

Pelaksanaan ekstrakurikuler di TK Al-Irsyad dibina langsung oleh seorang profesional pada bidangnya. Sehingga kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya menjadi wadah, tetapi juga melahirkan bibit anak yang kreatif dan berprestasi. Kegiatan eskul awalnya diikuti oleh seluruh murid TK Al-Irsyad, mereka diberikan kesempatan yang sama untuk merasakan prosesnya. Seiring berjalannya waktu, anak-anak yang berbakat dan memiliki minat di kegiatan eskul tersebut akan dipertahankan.

Ekstrakurikuler Mewarnai di TK Al-Irsyad Pemalang dibina oleh Miss Ita, pemilik Studio Lukis Katarie Art. Pada awal kegiatan eskul, Miss Ita masuk ke setiap kelas untuk mencari bibit seorang seniman. Setelah menemukan beberapa anak yang memiliki potensi dalam bidang seni, Miss Ita pun fokus untuk mengembangkan bakat mereka. Dalam eskul mewarnai, anak-anak akan belajar mencampurkan, memperhalus, serta gradasi warna agar terlihat harmonis. Saat ini gambar yang dipakai sebagai media mewarnai masih disediakan oleh Miss Ita, nantinya anak-anak akan mengambar dan mewarnai karya mereka sendiri.

Gita Nada Al-Irsyad

Gita Nada Al-Irsyad merupakan Marching Band yang dimiliki TK Al-Irsyad Pemalang, anggotanya terdiri dari siswa/siswi kelompok TK B. Kegiatan eskulnya dibina oleh Pak Husnul dan Pak Heri, seorang pelatih marching band profesional.

Dalam kegiatan Eskul Drumben, anak-anak akan diperkenalkan dengan berbagai alat musik dan bagaimana cara memainkannya. Ketika anak mulai terbiasa dan mahir memainkan alat musik, kegiatan selanjutnya difokuskan untuk menyelaraskan nada lagu yang dimainkan. “Pantangannya keharmonisan satu sama lain, terkadang jika sendiri mereka bisa tetapi untuk menyelaraskan memang butuh proses. Namun, Alhamdulillah anak-anak kami sangat cepat belajarnya, sehingga pantangan tersebut berhasil kami lalui,” terang Ustadzah Umi.

Cerdas, Kreatif, dan Berprestasi

Sesuai jargon yang ditanamkan di jati diri TK Al-Irsyad Pemalang, sekolah berhasil menghasilkan anak-anak berbakat dari kegiatan esktrakurikuler. Pihak sekolah aktif mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti lomba sesuai potensi anak. Selama persiapan pun sekolah tidak lepas untuk melatih dan mendampingi anak-anak sepenuh hati. Semua usaha ini membuahkan hasil, TK Al-Irsyad beberapa kali berhasil membawa pulang piala kemenangan.

MasyaAllah luar biasa anak saleh dan salihah TK Al-Irsyad Pemalang. Semoga kedepannya dapat terus melahirkan bibit unggul yang cerdas, kreatif, serta memiliki akhlak yang mulia, Aamiin. (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar