Informasi
Jumat, 20 Jul 4091
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
18 Maret 2024

Masjid Al-Irsyad Al-Islamiyyah: Sholat Isa dan Tarawih Bersama Bupati Pemalang

Sen, 18 Maret 2024 Dibaca 25x LPP Al-Irsyad

Minggu, 17 Maret 2024 – Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T beserta Istri, Anak, dan Ajudannya melaksanakan Sholat Isa dan Sholat Tarawih di Masjid Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang yang terletak di Wanarejan Selatan. Sholat Berjamaah juga dihadiri oleh Camat Taman, Lurah Wanarejan Selatan, Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat.

Sholat Isa dan Tarawih dimulai pukul 19.30 WIB, bertindak selaku Imam Shalat Isa, Ustadz Muhammad Rafi Akbar Maulana dan Imam Shalat Tarawih, Ustadz Miftahul Ulum. Pada kesempatan kali ini, Bapak Bupati Pemalang menjadi pembicara dalam kultum Sholat Tarawih.

Berikut beberapa poin yang Bapak Bupati sampaikan dan penting untuk dilaksanakan oleh Jemaah Masjid Al-Irsyad Pemalang:

Menyambut Ramadhan Dengan Rasa Syukur

Dalam sambutannya, Bapak Bupati, H. Mansur Hidayat, S.T mengajak Jemaah sholat Tarawih untuk mengucapkan rasa syukur dapat dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan. Bersyukur masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk melaksanakan Ibadah Puasa Ramadan. Rasa Syukur ini juga harus diimplementasikan melalui wujud nyata seperti peningkatan Ibadah selama bulan Ramadan, salah satunya rutin melaksanakan Sholat Sunah Tarawih.

Bapak Bupati menyampaikan akan sangat rugi jika bulan Ramadan tidak diikuti dengan peningkatan iman dan takwa, “Sudah seharusnya umat Muslim/Muslimah berlomba-lomba dalam hal Ibadah dan harus lebih baik daripada Ramadan sebelumnya. Yang tahun lalu Sholat Tarawihnya cuma sekali, tahun ini diperbanyak lagi kalau bisa full. Yang tahun lalu ngajinya hanya dapat 1 Juz, tahun ini ditingkatkan lagi.”

Biarkan Anak-Anak Mewarnai Masjid

Canda tawa, teriakan, serta tangisan anak-anak kerap kali dianggap sebagai hal yang menganggu saat beribadah di Masjid. Tak jarang, orang tua memarahi bahkan mengusir anak-anak dari Masjid. Dalam kesempatan kali ini, Bapak Bupati menyampaikan agar pengurus Masjid jangan sampai memarahi apalagi sampai  mengusir anak-anak yang berkeliaran selama kegiatan beribadah. Izinkan mereka bersenda gurau dan mewarnai Ibadah Ramadan kita, kehadiran mereka merupakan bentuk rasa cinta terhadap rumah Allah.

Memakmurkan Masjid

Memakmurkan Masjid menjadi poin utama yang disampaikan oleh Bapak Bupati dalam kultum Sholat Tarawih, “Seperti yang tercantum dalam Qur’an surah At-Taubah ayat 18, memakmurkan Masjid merupakan bagian dari orang-orang yang beriman.” Beliau juga menambahkan Masjid merupakan tempat berkumpul dan bersatunya umat Islam sejak zaman Rasulullah.

Bapak Bupati berpesan agar pengurus Masjid Al-Irsyad Pemalang dapat terus meningkatkan fungsi Masjid, tidak hanya untuk beribadah saja tetapi bisa digunakan untuk kajian dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Sebagai umat beragama, menjadikan Masjid sebuah tempat yang nyaman dan aman dari segala perbedaan pandangan harus terus dilaksanakan. Perbedaan pandangan merupakan hal yang biasa dan merupakan sebuah karunia dalam Islam, tugas kita adalah saling menghargai satu sama lain.

Sebagai penutup kultum, Bapak Bupati memberikan nasihat, jangan sampai perbedaan dalam beragama menjadikan umat Islam tercerai berai. Beliau juga mengungkapkan rasa bahagia dapat hadir melaksanakan Sholat Isa dan Tarawih bersama Jemaah Masjid Al-Irsyad dan masyarakat sekitar. Bapak Bupati menyampaikan InsyaAllah Ramadan tahun berikutnya akan kembali hadir jika masih diberikan kesempatan menjadi Bupati Pemalang.

Alhamdulillah, rangkaian acara Sholat Isa dan Tarawih bersama Bupati Pemalang selesai pukul 20.30 WIB. Acara ditutup dengan agenda ramah tamah bersama masyarakat sekitar dan penyerahan kenang-kenangan dari Pengurus Cabang Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang. (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar