Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
23 Maret 2024

Mukhoyyam Ramadhan SD Al-Irsyad Pemalang

Sab, 23 Maret 2024 Dibaca 24x SD Al-Irsyad

Salah satu keutamaan bulan suci Ramadan adalah pahala kebaikan dilipatgandakan, terdapat pula malam yang lebih baik daripada seribu bulan, malam Lailatul Qadar. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak ibadah merupakan kegiatan wajib untuk dilakukan pada saat bulan Ramadan. Jangan sampai bulan Ramadan terlewat begitu saja tanpa berusaha memperbaiki akhlak, belum tentu kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan tahun depan.

SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang mengisi kegiatan Ramadan dengan melaksanakan berbagai kegiatan positif seperti bakti sosial dan Mukhoyyam Ramadhan. Pada tanggal 22-23 Maret 2024, Siswa-siswi kelas 6 SD Al-Irsyad Pemalang melaksanakan kegiatan Mukhoyyam Ramadhan atau lebih dikenal dengan Pesantren Ramadan. Mengejar target hafalan Al-Qur’an Juz 30 menjadi tujuan utama kegiatan ini.

Kegiatan Mukhoyyam Ramadhan dilaksanakan selama dua hari satu malam bertempat di aula SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang. Kegiatan dimulai sekitar jam 12.30, diawali dengan pembukaan dan langsung dilanjutkan dengan pembagian kelompok hafalan. Setiap kelompok terdiri dari 6-7 anak dan didampingi oleh satu orang Ustadz/Ustadzah. Selain hafalan, kegiatan Mukhoyyam Ramadhan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti pemaparan materi wawasan Ramadan, kegiatan ibadah seperti sholat berjamaah serta tadarus Al-Qur’an, dan Muhasabah diri bersama Ustadz Arifin. Muhasabah bertujuan sebagai motivasi dan persiapan mental siswa/siswi kelas 6 yang akan menempuh ujian akhir. Kegiatan selesai dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2024 setelah sholat Tarawih bersama.

Ustadz Mufrodi, Kepala Sekolah SD Al-Irsyad Pemalang, mengungkapkan seluruh kegiatan Mukhoyyam Ramadhan berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah, semua lancar dan aman. Memang ada satu anak yang kurang fit dan tidak mampu mengikuti kegiatan, kami persilahkan untuk pulang, tidak ada paksaan sama sekali,” jelas Ustadz Mufrodi. Beliau juga menambahkan kegiatan Mukhoyyam Ramadhan juga dilaksanakan oleh siswa/siswi kelas 1-5 setiap hari Jum’at di aula SD Al-Irsyad Pemalang.

Ustadz Mufrodi berharap dengan terlaksananya kegiatan Mukhoyyam Ramadhan, anak-anak bisa semakin termotivasi untuk beribadah terutama membaca ayat suci Al-Qur’an. Semoga apa yang telah sekolah berikan dapat memberikan kesan dan bermanfaat untuk Siswa-siswi SD Al-Irsyad Pemalang, Aamiin.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar