Informasi
Jumat, 20 Jul 4829
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
1 Maret 2024

Pembelajaran Menyenangkan Melalui Outing Class

Jum, 1 Maret 2024 Dibaca 25x SD Al-Irsyad

Kegiatan Outing Class SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 27-29 Februari 2024. Outing Class dilaksanakan satu kali di setiap semester, tujuannya agar siswa-siswi bisa menyegarkan pikiran kembali setelah melewati waktu pembelajaran yang padat di sekolah. Kegiatan Outing Class dibuat beragam sesuai dengan tingkat kelasnya, tempatnya pun ada yang dekat dan ada pula yang di luar kota.

Outing Class 1 dan 2: Mengenal Kambing di Peternakan Sokowangi

Binatang merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Allah SWT yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, sudah seharusnya manusia menjaga dan menyayangi binatang. Mengenalkan binatang kepada anak-anak sedari dini merupakan tujuan Outing Class untuk siswa-siswi kelas 1 dan 2 SD Al-Irsyad Pemalang.

Kali ini tempatnya di salah satu Peternakan Kambing di Desa Sokowangi, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Sebelum menentukan tempat, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan survei. Tempat yang bersih, hewan yang sehat, alat-alat yang steril menjadi pertimbangaan terpilihnya Perternakan Sokowangi. Bahkan, Perternakan ini pun sudah pernah diliput oleh Metro TV.

Kegiatan yang dilakukan di Peternakan Sokowangi diantaranya mengenalkan anak-anak dengan berbagai variasi Kambing seperti Kambing Jawa dan Swiss, mereka juga ikut memberi makan dan memeras susu kambing. Awalnya anak-anak takut dan ragu mendekati Kambing namun dengan arahan dari penjaga dan Ustadzah, mereka luluh juga. Senyum kebahagiaan dan tawa ceria mengiringi jalannya aktivitas, anak-anak bahagia bisa belajar sekaligus bermain dengan kambing. Susu Kambing murni hasil kerja keras anak-anak pun boleh dibawa pulang sebagai cindera mata untuk keluarga.

Outing Class 3 dan 5: Membuat Makanan Enak di Delizia Batang

Tahun ini, giliran siswa-siswi kelas 3 dan 5 yang mendapat kesempatan Outing Class di luar kota. Perjalan menuju Batang menggunakan armada Bus AC yang nyaman, doa bersama agar selamat sampai tujuan dan lantunan Al-Quran turut mengiringi perjalanan.

Delizia Batang terpilih menjadi destinasi Outing Class karena tempatnya yang luas dan anak-anak bisa membuat kreasi makanan sendiri dengan bahan yang sudah disediakan. Siswa-siswi kelas 3 diberi kesempatan untuk membuat Pizza, sedangkan kelas 5 membuat Bento. Walaupun hanya kegiatan sederhana, senyum dan keceriaan tergambar jelas di wajah anak-anak. Mereka mendapat pengalaman baru sekaligus bisa menikmati makanan buatan sendiri.

Outing Class 4: Sosialisasi Anti Bullying Bersama Satlantas Pemalang

Perundungan atau lebih sering disebut Bullying tidak boleh dibiarkan begitu saja, sudah banyak korban yang harus menanggung trauma karena efek bullying di masa lalu. Dalam kesempatan outing class 4, SD Al-Irsyad Pemalang bersama Satlantas Pemalang mengadakan sosialisasi anti bullying. Pergantian tingkat kelas rendah ke kelas tinggi menjadi pertimbangan mengapa siswa-siswi kelas 4 yang terpilih menjadi peserta, mereka berada dalam fase rawan dalam berkawan.

Satlantas Pemalang menyampaikan jangan sampai sekolah menyediakan tempat untuk segala jenis perundungan, baik secara verbal maupun non-verbal. Siswa-siswi SD Al-Irsyad harus menjaga persahabatan antar sesama dengan batasan yang diterapkan, bercanda boleh saja tetapi jangan sampai memukul, mencubit, atau melakukan tindakan yang menyakiti teman. Pengelolaan emosi yang baik juga diperlukan agar tidak berubah menjadi tindakan kekerasan. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan mengekspresikan materi yang didapat dalam bentuk gambar.

Selama ini, Ustadz dan Ustadzah di sekolah juga sudah rutin menyampaikan bahaya dan dampak dari bullying. Kami bersama-bersama menjaga dan memastikan SD Al-Irsyad Pemalang menjadi tempat menimba ilmu yang nyaman dan aman dari segala bentuk bullying.

Outing Class 6: Membuat Kaligrafi di Pantai Widuri

Seni menulis Kaligrafi menjadi pilihan kegiatan Outing Class 6, tujuannya untuk melatih tulisan Arab siswa-siswi. Selain lancar membaca Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek, lancar atau setidaknya bisa menulis Huruf Hijaiyah juga merupakan target sekolah untuk seluruh siswa-siswi SD Al-Irsyad, terutama anak kelas 6 yang sebentar lagi berstatus alumni.

Kegiatan dilaksanakan di objek wisata Pantai Widuri, pemilihan tempat dilaksanakan agar anak-anak kelas 6 bisa menyegarkan kembali otak mereka sebelum menghadapi rangkaian ujian yang akan datang. Alhamdulillah, kegiatan Outing Class berjalan dengan lancar, anak-anak mendapatkan ilmu, pengalaman baru, dan yang paling berharga senyum kebahagiaan anak-anak.

Sampai jumpa di Kegiatan Outing kelas berikutnya!

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar