Informasi
Jumat, 20 Jul 5579
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
24 Juni 2024

Menanamkan Rasa Syukur Anak Dengan Berbagi Bersama di Panti Asuhan

Sen, 24 Juni 2024 Dibaca 96x TK / KB Al-Irsyad

Sabtu, 22 Juni 2024- KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang diwakilkan 10 anak dari kelas Khadijah dan Aisyah bersama seluruh Ustadzah KB berkunjung dan berbagi di Panti Asuhan yang terdapat di Kecamatan Pemalang, diantaranya Rumah Yatim dan Dhuafa Jannatul Athfal di Pelutan, Panti Asuhan Dewi Masyithoh di Kebondalem, serta Panti Asuhan Al Fitroh di Bojongbata. Sembako berupa Beras, Gula, Mie Instan, Susu, Telur, Biskuit, dan Wafer dibagikan, dananya berasal dari sedekah rutin anak-anak KB Al-Irsyad Pemalang.

Sebelum berkunjung ke Panti Asuhan, Ustadzah Mamik selaku Kepala Sekolah KB Al-Irsyad Pemalang telah melakukan survei terlebih dahulu agar sedekah yang dibagikan tepat sasaran. “Pertama, saya mengecek apakah panti asuhan tersebut benar-benar ada. Kedua saya harus memastikan kondisi yang ada disana, seperti apa saja yang dibutuhkan, berapa jumlahnya. Terakhir saya memastikan bahwa panti asuhan tersebut cocok untuk dikunjungi anak usia dini,” jelas Ustadzah Mamik. 

Kegiatan berbagi di Panti Asuhan merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak KB Al-Irsyad. Mereka berangkat diantar mobil LPP Al-Irsyad pada pukul 08.00 WIB, sesampainya disana Ustadzah memperkenalkan diri dan memberikan beberapa patah kata. Anak-anak panti sangat antusias, mereka unjuk bakat Selawat dan Mengaji sebagai sambutan. Melihat penampilan kakak-kakak dari Panti Asuhan, Anak KB Al-Irsyad Pemalang terpacu untuk menampilkan kemampuan Hafalan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, penampilan mereka disambut dengan tepuk tangan yang meriah. Acara ditutup dengan bermain serta bernyanyi bersama. Anak-anak pulang kembali ke sekolah pada pukul 10.00 WIB.

Ustadzah Mamik membagikan cerita anak-anak yang antusias selama perjalanan pulang, mereka senang bisa berbagi dan bermain bersama. “Kami tanamkan rasa syukur kepada anak. Kami ceritakan kalau kakak-kakak disana banyak yang sudah tidak punya Ayah dan Ibu. Alhamdulillah respon anak-anak baik sekali, mereka tidak bisa berhenti bercerita kegiatan pas main disana. Lucunya mereka tidak percaya kalau itu panti asuhan karena memang tempatnya bersih dan bertingkat.”

Kegiatan berbagi di KB Al-Irsyad juga rutin dilakukan di Sabtu Berkah, Ustadzah mengajak anak-anak untuk berbagi di jalanan yang tidak terlalu ramai, area sekitar sekolah, serta di salah satu rumah Wali Murid yang punya halaman besar. Pemilihan tempat dilakukan agar anak-anak bisa berbagi dengan aman dan nyaman. Ustadzah Mamik menyampaikan kebiasaan berbagi memang ditanamkan sedari dini, mulai dari lingkup sekolah dengan berbagi bekal dan dilanjutkan dengan mengisi kotak sedekah. “Anak-anak menyisihkan uang saku mereka, kadang juga ada yang dikasih lebih. Nominal yang mereka masukan memang tidak terlalu besar tapi sangat berarti,” ungkap Ustadzah Mamik.

Bulan depan KB Al-Irsyad akan memulai tahun ajaran baru, Ustadzah Mamik berharap program baru yang sudah direncanakan bisa terlaksana, serta program lama yang masih disukai Wali Murid akan terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi. Semoga berjalan dengan lancar, sukses selalu KB Al-Irsyad Pemalang! (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar