Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
25 Maret 2024

Pesantren Ramadan: “Bersama Ramadan Mari Menjadi Generasi Mukmin yang Muttaqin”

Sen, 25 Maret 2024 Dibaca 16x SMP Al-Irsyad

Bulan suci Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan ibadah, merefleksikan diri, dan berbagi kebaikan. SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah sebagai salah satu sekolah berbasis Islam di Pemalang mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan Pesantren Ramadan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20-22 Maret 2024 dengan mengangkat tema “Bersama Ramadan Mari Menjadi Generasi Mukmin yang Muttaqin”

Ustadz Wisnu, koordinator kegiatan, menjelaskan tema Pesantren Ramadan tahun ini diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 183 yang memuat kewajiban berpuasa bagi orang beriman agar menjadi bagian dari orang-orang bertakwa. Ustadz Wisnu berharap tema ini bisa merepresentasikan pribadi siswa/siswi SMP Al-Irsyad Pemalang, yakni menjadi seorang muslim yang Muttaqin. Dalam kegiatan Pesantren Ramadan, anak-anak diharapkan bisa mencapai target hafalan Juz Amma dari surat An-Naba hingga At-Takwir.

Berikut rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan di SMP Al-Irsyad Pemalang:

20 Maret 2024

Kegiatan Pesantren Ramadan diawali dengan sholat dhuha dan murojaah Al’Qur’an bersama di Masjid Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ustadz Agus Priyono selaku Kepala Sekolah SMP Al-Irsyad Pemalang dan pemaparan materi wawasan Ramadan oleh Ustadz Zaenudin. Pada hari pertama, anak-anak belajar mengenal puasa Ramadan seperti adab berpuasa, Fiqih Puasa, dan korelasi iman dan takwa terhadap puasa. Selesai materi, anak-anak melakukan Ice Breaking bersama Ustadz dan Ustadzah dengan membuat konten video bertemakan Ramadan. Kegiatan Pesantren Ramadan hari pertama ditutup dengan salat zuhur berjamaah.

21 Maret 2024

Pada hari kedua, anak-anak bermalam di sekolah untuk meneruskan rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan. Murojaah Al-Qur’an dilanjutkan seusai salat sunah duha, anak-anak dengan tekun membaca, memahami, menghafalkan ayat suci Al-Qur’an dengan dipimpin serta didampingi oleh wali kelas. Selain hafalan, mereka juga belajar materi terkait wudhu dan sholat dengan langsung mempraktekkannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara hiburan, anak-anak diajak menonton film inspiratif agar mereka lebih termotivasi. Seusai salat zuhur berjamaah, kegiatan hafalan Al-Qur’an dilanjutkan kembali. Sorenya selepas asar diadakan doa bersama dan khataman tadarus Al-Qur’an sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Rangkaian kegiatan pada hari kedua ditutup dengan murojaah Al-Qur’an di kelas seusai salat isa dan tarawih bersama.

22 Maret 2024

Siswa-siswi SMP Al-Irsyad Pemalang dibangunkan pada pukul 3 pagi untuk melaksanakan Qiyamul Lail di Masjid Al-Irsyad, lalu dilanjutkan dengan sahur dan salat subuh bersama. Selepas membersihkan diri, anak-anak merapikan dan membersihkan kelas tempat mereka beristirahat. Kegiatan Pesantren Ramadan ditutup dengan murojaah Al’Quran, salat duha berjamaah, dan pemaparan materi. Kegiatan selesai sekitar jam 09.30 WIB.

Ustadz Wisnu menyampaikan kegiatan Pesantren Ramadan dapat menjadi pengalaman terbaik dan memberikan manfaat yang besar pula bagi Ustadz, Ustadzah dan Siswa-Siswi SMP Al-Irsyad Pemalang. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, sebaik-baiknya orang adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Ilmu yang kita bagikan dapat menjadi pahala yang terus mengalir saat kita wafat nanti.

“Alhamdulillah, kegiatan Pesantren Ramadan telah selesai. Semuanya berjalan dengan lancar, kendala yang ada bisa segera kami atasi,” terang Ustadz Wisnu. Beliau berharap dengan adanya Pesantren Ramadan, anak-anak dapat semakin rajin beribadah terutama meningkatkan ibadah sunah dan lebih dekat dengan Al-Qur’an. (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar