Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
17 Februari 2024

Serunya Manasik Haji TK & KB Al-Irsyad Pemalang

Sab, 17 Februari 2024 Dibaca 21x TK / KB Al-Irsyad

Melaksanakan ibadah Haji termasuk rukun Islam yang kelima, ibadah ini wajib dilaksanakan bagi yang mampu. Manasik Haji merupakan salah satu langkah yang diambil TK dan KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah dalam implementasi pembelajaran rukun Islam. Kegiatan Manasik Haji dilaksanakan pada Sabtu, 17 Februari 2024 berlokasi di Masjid Al-Irsyad dan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang dengan jumlah peserta sebanyak 254 anak, terdiri dari 41 murid KB dan 213 murid TK.

Road to Manasik Haji

Kegiatan Manasik Haji TK dan KB Al-Irsyad Pemalang rutin dilaksanakan di berbagai tempat yang berbeda setiap tahunnya. Pihak sekolah semaksimal mungkin membuat kegiatan memiliki nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Menggunakan moda transportasi Odong-Odong untuk menuju lokasi kegiatan menjadi hal baru bagi anak-anak. Ustadzah Umi, Kepala Sekolah TK Al-Irsyad Pemalang mengungkapkan hadirnya Odong-Odong menjadikan semangat anak makin membara.

Kegiatan dimulai pada pukul 7.40 dengan pembukaan di TK Al-Irsyad Pemalang. Untuk membuka rangkaian kegiatan Manasik Haji, sambutan diberikan oleh Kepala Sekolah TK Al-Irsyad dan Ketua Wanita Al-Irsyad Pemalang. Tak perlu waktu lama peserta Manasik Haji diberangkatkan dengan Odong-Odong, mereka tiba di lokasi sekitar pukul 8.40. Sesampainya disana peserta sudah disambut dengan si Unta yang didatangkan langsung dari Pengongsoran. Replika Unta ini membuat suasana terasa seperti sedang di padang pasir, apalagi cuaca saat kegiatan berlangsung turut mendukung.

Tertib dan Menyenangkan!

Peserta Manasik Haji dibagi menjadi 9 kloter dengan didampingi dua guru di setiap kloternya. Peserta pun melaksanakan kegiatan Manasik Haji dengan tertib namun tetap menyenangkan. “Rangkaian kegiatannya sesuai dengan rukun Haji yang sebenarnya. Ada Ihram, Wukuf, Thawaf, Sa’I, dan Tahalul. Dalam pelaksanaanya, kami buat ringkas agar tidak membuat anak lelah. Untuk Pakaiannya memang mengunakan baju Muslim/Muslimah agar memudahkan anak saat kegiatan,” jelas Ustadzah Umi.

Beliau juga menambahkan pengenalan ibadah Haji pada anak-anak sudah dilakukan sekolah satu bulan sebelum kegiatan Manasik Haji dilaksanakan. Ustadzah TK dan KB Al Irsyad menceritakan rangkaian ibadah haji dan mengajarkan doa-doanya. Anak-anak juga sudah melakukan Praktek Haji di dalam kelas. Alhamdulillah dalam pelaksanaanya anak-anak sudah bisa hafal beberapa doa dalam ibadah Haji.

Saatnya Mengucapkan Alhamdulillah

Kegiatan Manasik Haji selesai dilaksanakan pada pukul 10 lebih, ditutup dengan sesi foto yang diabadikan oleh fotografer profesional. Sebelum pulang, seluruh peserta beserta Ustadzah mengadakan makan bersama. Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Manasik Haji dilaksanakan dengan sukses tanpa hambatan, anak-anak pun merasa senang dan bersedia mengikuti kegiatan sampai akhir dengan tertib.

Sekolah berharap kegiatan Manasik Haji ini dapat berkesan untuk anak-anak dan wali murid serta bisa menjadi pembelajaran yang bermakna dalam mengenal ibadah Haji. Semoga suatu saat mereka diberi kesempatan untuk melaksanakan Haji di tanah suci, Makkah. Aamiin. (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar