Informasi
Jumat, 14 Jun 2024
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
  • LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang, Jalan Kyai Makmur no 9 Pemalang
10 Februari 2024

In House Training: “Manajemen Pengelolaan Kelas dan Kurikulum Merdeka”

Sab, 10 Februari 2024 Dibaca 27x TK / KB Al-Irsyad

Tenaga pendidik memiliki peran penting dalam mencerdaskan, mendidik, dan membimbing murid di sekolah. Semakin baik kualitas yang dimiliki Guru, semakin baik pula kualitas sekolah. Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik, LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pemalang mengadakan pelatihan khusus Ustadzah KB & TK Al-Irsyad Pemalang yang berjumlah 20 orang.

Pelatihan bertajuk “Manajemen Pengelolaan Kelas dan Kurikulum Merdeka” memiliki misi untuk meningkatkan pengetahuan Guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru mendatang. Selain itu, pengelolaan kelas yang baik, tertata, serta tetap sesuai visi misi sekolah juga menjadi tujuan utama.

Pelatihan diadakan selama dua hari pada tanggal 9 dan 10 Februari 2024 di aula SD Al-Irsyad Pemalang. Pelatihan diadakan dari pagi sampai sore dengan mengundang narasumber profesional dari Edu Kelola, Ustadzah Mutmainah. Hari pertama pelatihan diisi dengan materi dan praktek pengelolaan kelas yang baik. Hari berikutnya, narasumber fokus memberikan penjelasan terkait perbedaan kurikulum Merdeka dengan kurikulum 2013, pelatihan langsung dilanjutkan dengan praktek pembuatan modul ajar.

Mulai tahun ajaran baru pada bulan Juli, KB dan TK Al-Irsyad menggunakan kurikulum Merdeka. Dari pelatihan diketahui kurikulum Merdeka pada PAUD ternyata banyak menggunakan istilah yang berbeda, seperti RPP menjadi modul ajar. Namun tetap memiliki konsep pembelajaran yang sama dengan kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka juga menetapkan posisi Guru sebagai fasilitator, sedangkan semua proses pembelajaran berpusat pada anak. Pembelajaran PAUD juga harus menyenangkan, bermakna, dan sesuai minat bakat anak.

Ustadzah Umi, Kepala Sekolah TK Al-Irsyad sekaligus salah satu peserta pelatihan membagikan testimoni yang ia dapat selama kegiatan. “Alhamdulillah, kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan keahlian setelah pelatihan. Selama ini kami belajar kurikulum Merdeka hanya dari webinar online sekarang ada pelatihan khususnya. Kita sebagai tenaga pendidik merasa jauh lebih tercerahkan.”

Alhamdulillah, pelatihan yang diadakan bisa memberikan manfaat bagi Ustadzah kami. Semoga kedepannya akan ada lebih banyak lagi pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. (Humairo Salsabila)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar